RSS

Bagaimana Membuat Blog Rame Dikunjungi Orang??

01 Dec

Para blogger pemula (kayak saya ini :p) tentu sering bertanya2 gmn caranya biar blognya rame, orang2 pada berbondong datang ke blognya, kasih komen, dan sebagainya. Syukur2 bisa menarik minat orang bt naruh iklan di blognya. Mungkin ada yg beranggapan tampilan blognya mesti cantik, warna-warni, link banyak kesana kemari, gambar gerak2 kelap-kelip dimana2, jam digital terpampang, dan sebagainya. Tapi apa iya itu yang dicari??

1. ISI lebih penting daripada TAMPILAN

Mungkin beberapa orang bisa saja mencari yang seperti itu, tapi saya beranggapan lain. Saya lebih suka blog yang mengedepankan ISINYA, bukan TAMPILANNYA. Hal ini saya pernah saya rasakan pada saat awal kemunculan Facebook dimana tampilannya default dan hampir tidak bisa dikustomisasi dan tidak bisa menampilkan gambar bergerak (gif). Faktor inilah yang jadi motivasi saya untuk “meninggalkan” situs sosial pendahulunya yg cenderung terlalu “longgar” untuk dimodifikasi yg justru (menurut saya) membuat esensi dari fungsi jejaring sosial itu sendiri jd terpinggirkan karena yang tersaji adalah background yang membuat pusing, font yang aneh, warna teks yg membuat mata capek ketika dibaca, ditambah gambar2 yang bergerak mondar-mandir kesana kemari! Berbeda dg Facebook yg agak “resmi” dmn kita bisa lebih menampilkan ISI OTAK kita ketimbang “baju” kita.

Begitulah analogi saya untuk kemudian saya terapkan pada waktu saya mulai masuk ke dunia perblog-an ini. Sayasangat setuju Dengan pendapat yg mengatakan bahwa untuk membuat sebuah blog rame dikunjungi orang (dan nantinya dapat menghasilkan keuntungan finansial) adalah dengan memposting sebanyak-banyaknya tulisan yang (diupayakan) bermutu. Kenapa saya bilang “diupayakan”?? Ya karena apa yang menurut kita bermutu belum tentu bagi orang lain.

2. Ide ORISINIL

Terus tulisan yang “bermutu” itu yang seperti apa?? Menurut saya tulisan yang bermutu adalah yang berisikan ide dan wacana yang ORISINILl, bukan sekedar COPY-PASTE dari artikel orang lain atau TERJEMAHAN dari artkel berbahasa asing. Tapi boleh2 aja sebenarnya membawa pembaca ke artikel2 orang lain dan berbahasa asing, tapi taruhlah link2 artikel itu di BLOGROLL. Jangan dipost menjadi (seolah2) milik si empunya blog. Kenapa?? Karena menurut saya itu berarti tidak lebih dari sekedar menjadi JUBIR dari si penulis asli artikel itu. Jadi konkritnya adalah lebih baik puisi renungan jiwa atau cerita imajinasi yang abstrak tapi BUATAN SENDIRI daripada artikel ilmiah tapi mengambil dan copas dari artikel orang lain.

 
7 Comments

Posted by on December 1, 2009 in Lifestyle

 

7 responses to “Bagaimana Membuat Blog Rame Dikunjungi Orang??

  1. Peacelover04

    December 2, 2009 at 2:30 pm

    Keren mas Bur. Keep writing good contents..🙂

     
  2. masburhan

    December 2, 2009 at 3:00 pm

    Sip! Thanks a bunch!🙂

     
  3. djupi

    December 4, 2009 at 5:27 pm

    nambahin boleh ya..

    biar cepet ke index di google, submit situsnya di http://google.com/addurl. jadi orang bisa cari lewat google🙂

     
    • masburhan

      December 4, 2009 at 10:33 pm

      Betul sekali! Sejak aku daftarin ke om google jg jd bnyk yg jd referrer! Tu postingan yg ”Gaji Anggota Dewan’ jd melejit gara2 di-link ma lintasberita.com! Hee..

       
  4. Info Blog Dot Com

    March 24, 2012 at 11:01 am

    mantap gan artikelnya. tapi banyak blog yg tidak ori malah rame gan…seperti blog terselubung thu, aneh emang

     
  5. mery-antique

    April 8, 2012 at 4:36 pm

    LIKEEE :))

     
  6. sablon digital

    June 13, 2012 at 8:46 am

    wah keren nice info

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: