RSS

Cara Membuat Blog Mulai dari NOL!!

05 Dec

Setelah menulis puluhan postingan dengan berbagai kategori akhirny berhasil mengundang para pengunjung untuk mampir ke blog ini. Hasilnya, beberapa dari mereka ada yang tertarik pula untuk ikut membuat blog. Bahkan ada beberapa yang minta diajarin bagaimana caranya bikin blog (padahal saya sendiri juga masih pemula -pake banget lagi! :p). Meskipun begitu tentu tidak ada salahnya berbagi ilmu. Meski cuma sedikit semoga dapat membantu. Seperti tersurat dalam judul tulisan ini, kita akan belajar bagaimana membuat blog benar2 mulai dari nol. Mari kita mulai!

1. Memilih Situs Induk
Namanya juga gratisan, jadi kita baru bisa ‘nebeng’ di lapak orang yg kita sebut sebagai situs induk. Banyak pilihan situs2 blogging yang dapat dipilih. Seperti WordPress, Blogspot, Blogdrive, dsb. Tapi karena saya pake WordPress jadi buat contohnya kita pake WordPress.
Kalo sudah mantap dengan situs induk pilihan Anda, masuk ke halaman utamanya untuk Sign Up (daftar) buat dapetin username (yang akan menjadi alamat blog Anda. Misalnya “masburhan” menjadi “masburhan.wordpress.com”) beserta password-nya.

2. Layout Settings
Layaknya membangun sebuah rumah, berikutnya kita set ruangan2nya. Mana ruang tamunya, ruang makan, toilet, dsb. Caranya, masuk ke bar ”Dashboard”. “Dashboard” inilah yang merupakan “otak” atau “belakang layar” blog kita.

Settingan2 (semua ada pada bagian “Dashboard”) tersebut meliputi:

a. Theme
Pertama kali yang ditentukan adalah tema blog Anda, yang nantinya akan menjadi “kerangka” sekaligus “kulit” dari blog Anda. Caranya: klik pada bagian “Appearance” lalu pilih “Theme”. WordPress menyediakan 77 pilihan tema.

b. Header
Header ini dari namanya aja adalah “head” jadi fungsinya memberi “kepala” pada blog kita. Caranya: klik “Appearance”, lalu pilih “Custom Header”. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengapload gambar.

c. Blog Title & Tagline
Setelah header jadi, tidak kalah penting adalah nama dan tagline blog kita. Ini yang akan dibaca pertama kali oleh pengunjung. Jadi pilih nama dan kalimat yang menarik. Caranya: klik “Settings”. Di situ lengkap formnya. Tinggal diisi sesuai selera Anda. Misalnya: “Catatan Seorang Pemimpi” dengan tagline “Welcome to my blog…dst.”


d. Pages

Setelah itu, tahap berikutnya adalah menentukan Pages yang nantinya akan menampilkan menu utama dari blog Anda. Misalnya: About Me, Galeri, Contact Me, dan sebagainya.

e. Widgets
Widgets merupakan “menu tambahan” yang akan ditampilkan di sebelah kanan bodi utama (yang berisi postingan Anda). Menu tambahan ini seperti Kalender, Links, Blogroll, dsb.

Kalau komponen2 ini sudah dibuat, berarti SELESAI! Blog Anda sudah tampak layaknya sebuah “rumah” dan Anda sudah bisa mulai menulis pada bagian Post

SELAMAT MENCOBA!πŸ™‚

 
2 Comments

Posted by on December 5, 2009 in Lifestyle

 

2 responses to “Cara Membuat Blog Mulai dari NOL!!

  1. mas kunto

    December 7, 2009 at 1:54 am

    kopas seko ngendi ki?hahahaha,asem blogku ra payu,kopas an kabeh sih

     
    • masburhan

      December 7, 2009 at 2:01 am

      Weits..asli produk dalam negeri iki! 100% orisinil!πŸ™‚
      Yo berarti kowe cocok jadi JUBIR!πŸ˜€

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: