RSS

Kasus 6: Penjahat Kambuhan

28 Mar

by Ahmad ‘Bee’ Burhan on Sunday, May 23, 2010 at 7:58pm

Georgia, 21 Mei 2010

Seorang penjahat kambuhan bernama Bruno berhasil ditangkap polisi untuk ketiga kalinya. Tapi dalam waktu satu minggu dia berhasil kabur lagi. Entah karena saking pinternya dia atau memang petugas penjaranya yang tidak belajar dari pengalaman2 sebelumnya. Oleh karena itu kepala rutan Mr. Gordon meminta bantuan Detektif Bee untuk mengungkap bagaimana bruno kabur dari selnya guna mengantisipasi jika dia berhasil ditangkap lagi.

Begitu sampai di lokasi DB langsung meminta keterangan mengenai kronologis kejadian. Pada waktu kejadian tidak ada indikasi kekerasan yang mungkin disebabkan perlawanan dengan petugas. Bahkan ketika ditanya, petugas bilang sepanjang pengetahuan dia Bruno selalu berada di dalam selnya. Hanya saja tiba2 dia dikagetkan alarm saat pengecekan rutin dan ternyata Bruno telah kabur.

Selesai mendengarkan DB langsung masuk sel bekas Bruno ditahan dan memeriksa tiap sudut ruangan. TKP masih steril semenjak kejadian. Ruang sel berukuran lebar 2,5 meter, panjang 3 meter dan tinggi 3 meter. Di dalam sel ada sebuah kasur, satu bantal dan selimut. Ditemukan juga nasi di piring dalam keadaan utuh. Pintu sel terbuat dari baja dan terdapat lubang di tengah untuk memberi makanan. Di atas pintu ada satu lubang ventilasi. Lantai terbuat dari ubin dan tembok cat warna putih. Semua masih dalam keadaan normal. Tidak ada bekas galian atau pukulan benda tajam/tumpul. DB menemukan semacam serbuk putih bertaburan di depan pintu. DB mengambil sedikit lalu dicium. Baunya bukan seperti obat2an terlarang. Di bawah bantal ditemukan beberapa kelopak bunga berwarna putih dan secarik kertas bertuliskan puisi cinta dan sebuah pulpen. Dia mengambil bunga itu dan mengamatinya dengan seksama. Beberapa saat DB tampak berpikir lalu tersenyum.

Bagaimanakah cara Bruno kabur dari sel tahanan??
LikeUnlike · · Share · Delete

*
*
Ãŕñý Ŝĭį Ĵĕmþøŏľ Műñģĭįľ, Ratna Wijayanti, Yaampun Yulfan and 3 others like this.
*
50 of 90
*
o
Mang Yayi Jaba Widhiartha bung mawar itu palsu, tangkainya terbuat dr kawat, memang tdk ad d TKP krna d bawa sm bruno, jd pntu itu tk pernah d kunci krna terganjal kawat yg d selipkan bruno saat sipir mengunci, jd stlh sipir pergi bruno bisa membuka pintu itu, lalu kelopak bunga itu adalah sisa dr bunga palsu itu, sedangkan kertas puisi adlh surat yg sengaja d buat utk mengelabui sipir.
May 23, 2010 at 9:55pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@yay:luar biasa! Agak masuk akal! Tp bukan itu jawabane! Hee…
Tp aq setuju pd kalimat terakhir!🙂
May 23, 2010 at 10:00pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Mang Yayi Jaba Widhiartha oiya d georgia itu selny le nggawe sko steorofom dadi tinggal di bongkar wae koyo ovj kae, trus serbuk putih kui yo serpihn steorofom, la kembnge kuising ge mbolongi steorofom, nek kertase kui mung ge wangun2 wae
May 23, 2010 at 10:02pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@yay:kalo pk analisamu, waktu dia keluar masak gak ketahuan ma sipire??
May 23, 2010 at 10:02pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Cr kaburnya, wkt da pmeriksaan rutin, brun0 mepet dkt pntu. Pnjaga memeriksa keadaan dlm sel dgn cr mengintip lwt celah pmberian makanan. .begitu liat d kmr seperti tdk ada siapa2, dia lgsg ngira kalo brun0 ga ada alias kabur. . Jarak pndang lwt celah itu trbatas shg sisi dkt pntu mjd sudut mati. . Begitu pntu dibuka n ptugas msk k dlm, brun0 lgsg menyelinap keluar. . Krn dia mepet tmbok bercat putih, serpihannya jatoh d dpn pntu. . .ngarang neh, tp dah jwb kan hehe
May 23, 2010 at 10:07pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Mang Yayi Jaba Widhiartha dia cari celah waktu dimana terjadi kekosongan waktu antar shif (blind spot) yaitu setelah pembagian makanan, dia kluar. Jarak waktu pembagian makanan dngn spatroli sipir adlh 15 menit, dia meninggalkan surat utk memperlama waktu (wasting time) lalu dia peprgi lwt peta yg telah di kode oleh petunjuk dr org luar penjara
May 23, 2010 at 10:09pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Bur, mayan kan ni kasus blm terpecahkan jd awet. Stok kasusmu jd g cpt abis heheh
May 23, 2010 at 10:11pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@nik:haha…unik! Sudut mati masuk akal! Serbuk putih jg masuk akal! Tp keluar tnp ketahuan itu yg gak masuk akal! Wkwk….
May 23, 2010 at 10:16pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan
‎@yay:hoho..bar ‘sudut mati’ saiki ‘blind spot’! Po meneh yo ngko?? Hee…
Kan ngasih makanane cuma lewat lubang?? Maklum penjahat kambuhan jd hrs ekstra ketat. Hoho….
@nik:ho’oh! Ketoke iso tahan beberapa hari ki! Ayo jangan menyerah kawan…2 detektif! Kebenaran menanti kalian! Kkkk…. See More
May 23, 2010 at 10:22pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Mang Yayi Jaba Widhiartha bur selak adoh le kabur, ndang diandani py carane, gek di oyak rame2 yo…
May 23, 2010 at 10:22pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@yay:lho, meskipun kecekel nek cara metune rung diketahui, bakal dibaleni, kabur neh ngko! Hoho…..
May 23, 2010 at 10:26pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Ho oh ki, mengko selak lo2s dr keimigrasian n kabur nyang singapura berabe! Mending dikasi tau carane py. . .
May 23, 2010 at 10:28pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Eh, tgl 21 mei tu wkt dia dtangkap ato wkt kaburnya?
May 23, 2010 at 10:30pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@nik:lho, meskipun kecekel nek cara metune rung diketahui, bakal dibaleni, kabur neh ngko! Hoho…..
Siapa tahu msh ada detektif2 lain di luar sana yg sdg berpikir keras jg! Haha…
May 23, 2010 at 10:30pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@nik:waktu kabur. Tp ni gak ada hubungane dg waktu kok. Gak usah dipikirin. Hee….
May 23, 2010 at 10:32pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo kenapa pada susah-susah to? tinggal tanya aja DB gimana cara keluarnya. DB kan dah senyam senyum sendiri tuh :hammer:
May 23, 2010 at 10:43pm · LikeUnlike
o
Tusty Sahajani si bruno ga pernah makan biar kurusan.makanya nasinya utuh.trus kan udah kurus tuh, manjat deh dia nerobos lubang ventilasi. jadi serbuk putihnya itu dari serbuk2 tembok yg pada jatoh waktu dia turun dr lubang ventilasi
May 23, 2010 at 11:00pm · LikeUnlike
o
Mang Yayi Jaba Widhiartha bruno menerobos begitu saja, karna bruno adlh kakak seperguruan limbat sang master, ini d ketahui krn bruno selalu diam saja tak pernah bicara.
May 24, 2010 at 3:32am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan
Hahaha……ketoke wis do stres ki do raiso jwb! Wkwk…
Oke! Tak kasih clue-nya!
-yg kumaksud dg single fighter mmg pd wktu kabur dia tnp bantuan siapapun TAPI sebelum wkt kejadian dia dibantu org luar
-perhatikan 2 kalimat terakhir, hubungk…an dg serbuk putihSee More
May 24, 2010 at 8:39am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Dyah Kusumaning Astuti mungkin ada hub dgn alergi serbuk2an..hohhoo
May 24, 2010 at 8:52am · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@dy:nyerempet2! Lanjutkan!! Hoho….
May 24, 2010 at 8:56am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo penjagane di sebul nganggo serbuk putih, trus wahing2 nganti semaput, bar kuwi sing tukang antar nasi njupuk kunci penjagane mbukakke sell penjarane trus kabur.. ngono po piye?
May 24, 2010 at 9:27am · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@jup:apikan bgt tukang nasine?? Kkk…. Tp disebule wis bener kui! Lanjutkan! Sik rada ilmiah to! Wkwk…
May 24, 2010 at 10:24am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo yo wis.. brarti serbuk putih kuwi disebul ke penjagane, penjagane wahing2 nganti semaput, trus bruno ngrogoh saku penjagane lewat lubang ngasih makan, entuk kunci sekalian surat cinta dan kelopak bunga yang notabene mau dikasihkan ke pacar penjagane
May 24, 2010 at 10:31am · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@jup:lha nek penjagane semaput piye le jupuk kuncine?? Hayo…
May 24, 2010 at 10:44am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@jup:lha nek penjagane semaput piye le jupuk kuncine?? Hayo…
May 24, 2010 at 10:45am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti bur, la clue mu krg spesifik koq! Nek gt, itu serbuk bunga putíh yg dibw oleh ptugas makanan wkt ngirim makanan. Ma brun0 serbuk sari tsb dipreteli kmd wkt da pemeriksaan rutin, serbuk tsb ditiupkan ke pnjaga yg pnya alergi thd serbuk bunga. Wkt pnjaga tsb bersin2 dkt kotak makanan, brun0 lgsg ambil kunci yg nggantung lwt lubang n buka sel pke kunci. . Ngrangkum iki
May 24, 2010 at 10:56am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@jod:ngko nek wis tak andani carane rak do omong, “Oh yo2..pinter bgt Bruno ki! Wawasane luas!”
May 24, 2010 at 10:59am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan ‎@nik:mendekati! Tp kalo cm2 bersin2 trus dijupuk kuncine masih blm masuk akal tuh! Hehe…..
May 24, 2010 at 11:05am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Yo bersin2 n pingsan! Halah bur, ndang dkasi jwbn ne wae, selak bosen n pd ga mau mikir lg.
May 24, 2010 at 11:10am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo ho o bur.. gek di jawab.. mengko ra tak kandhani skor mu lho… hueheuhue

lagi stuck di level 30 matibeku.com kiy..
May 24, 2010 at 11:15am · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti ‎@jodi: ayo qt boikot burhan wkwkwk! @burhan:Lah, yg bwt kmu koq jd nek jwbn ga sesuai ma angan n imajinasimu yo dadi ra masuk akal. .mu hehe
May 24, 2010 at 11:43am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Risa Raihan Kristya Ora sido mikir malah ngguyu ngakak moco komen2…wakakaka
May 24, 2010 at 11:47am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan
Wah…jan! Baru kali ini komen sampe 70 gak kejawab jg! Wkwk….
Oke, gentlemen ini jawabannya:
clue-nya spt yg kubilang adalah “2 kalimat terakhir dihubungkan dg serbuk putih”
Begini kronologisnya:
Sewaktu penjaga mengantar makanan, dia bersem…bunyi utk membuat penjaga mengintip. Begitu mengintip Bruno langsung meniupkan serbuk putih ke muka penjaga. Setelah serbuk itu bereaksi, Bruno meminta penjaga utk mmbuka sel. Lalu dia keluar, bebas! Gampang to! Haha….
Lalu serbuk apa itu?? Serbuk putih itu adalah serbuk ekstraksi dari bunga Terompet Malaikat (Brugmansia) dari Amerika Selatan. Bunga ini mengandung ‘scopolamine’ yg mampu membuat korban lengah atas apa yg dikerjakan tapi sepenuhnya sadar. Begitu efek habis dia tidak akan ingat apa2.
Serbuk ini diselipkan di antara kelopak2 bunga putih.
Lalu bgmn cara Bruno mndptkan bunga itu??
Temannya memberikan ‘surat cinta’ palsu beserta bunga agar tidak mencurigakan. Makanya begitu DB mengamati bunga dg seksama dan dia melihat sisa2 serbuk itu dan dia tahu triknya.
Bagaimana bapak2 ibu2?? Sampun mudeng dereng? Hahaha…….See More
May 24, 2010 at 11:52am via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti ‎@jodi: ayo qt boikot burhan wkwkwk! @burhan:Lah, yg bwt kmu koq jd nek jwbn ga sesuai ma angan n imajinasimu yo dadi ra masuk akal. .mu hehe
May 24, 2010 at 12:42pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Risa Raihan Kristya Aq asline yo meh jawab ky gt bur..tenanan.
Tp masalahe kw ga nyebut bunga apa yg dikasih ke bruno..jd males jwb,mesti google ndisik.
Nek yg oleander kmren kan wis dsebut,jadi ngerti yg bkin kracunan apa.
May 24, 2010 at 12:46pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo wooo… aneh kuwi.. brarti si DB kuwi ngguya ngguyu dewe kiy jebule lagi fly to??? tak kiro ngerti jawabane…. paraaahhh!!!
May 24, 2010 at 12:48pm · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Ckck. . Tenanan ngarange, iso wae kuwi bunga mawar putih hayoo wkwkwk. . next case! *nantang
May 24, 2010 at 12:49pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ninik Srimukti Wah jupi bener! Analisamu ttg tngkah laku DB sing ktawa sndr gr2 fly dpt nilai 100! Wkwkwk
May 24, 2010 at 1:01pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan
‎@jod:jenenge klu yo cukup nyrempet2 dunk ben menantang! Haha..
Sebenere alur berpikir yg kuharapkan tu kebalikan dari kasus 5 (Kebun Botani). Nek d kasus 5 kan barang2e dah ada, tinggal dicari tau karakteristiknya, ketemu deh jawabane! Tp u…tk yg ni tu dibalik: disajikan efek dan karakteristiknya, yaitu utk membuka pintu tidak ada indikasi kekerasan. Jd ada 2 kemungkinan: penjaga dibuat pingsan atau ‘dikacaukan’ otaknya. Ini dikuatkan dg penemuan serbuk d dpn pintu. Tp kalo pnjaga dibuat pingsan tntu akan sulit utk mengambil kuncinya, jd bukan itu. Satu2na cara brarti yg kedua, ‘menyerang’ otak. Tp disebutkan jg serbuk itu bukan obat2an terlarang (heroin, sabu2, dsb. -apalagi efek obat2an itu bth wktu relatif lama dan mgkn krg efektif utk sbuah upaya kabur) jd perlu dicari tau (pake google tentunya :p) bahan2 non obat2an yg dpt mengakibatkan efek ‘serupa’ atau bahkan lbh efektif dlm hal EFEK dan WAKTU dalam ‘MENGONTROL’ otak si target. Makane kubilang wawasan Bruno luas krn dia tau tanaman yg punya karakteristik unik dan ‘dramatis’ itu.See More
May 24, 2010 at 1:09pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan Kalo bunga dan surat itu disebutkan utk menjelaskan bgmn dia mendapatkan serbuk itu.
May 24, 2010 at 1:12pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan
‎@ris@nik:wah..berarti kurang tegas mau kowe…u’re almost there! hoho..bunga yg dikasih bareng surat bisa sembarang kok yg penting berkelopak biar bs buat nyembunyiin serbuk hasil EKSTRAKSI bunga terompet malaikat.
@jup:DB ncen rada nggliy…eng pas ngendus2 serbuke! kkk…
See More
May 24, 2010 at 1:52pm · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan PERHATIAN: Penyalahgunaan apapun yang tertulis di note ini beserta komentar-komentar di bawahnya di luar tanggung jawab penulis.
May 24, 2010 at 2:56pm via Facebook Mobile · LikeUnlike
o
DJupiter Aryo wagu tenan ik pernyataan terakhir.. padahal asline wis tau kecanduan ekstrak bunga terompet malaikat we..
May 24, 2010 at 3:25pm · LikeUnlike
o
Ahmad ‘Bee’ Burhan Yo ben! Pokoke aq wis gawe LIABILITY!! Resiko ditanggung penumpang! Wkwk……
— Case Closed —
May 24, 2010 at 3:30pm via Facebook Mobile · Like

 
Leave a comment

Posted by on March 28, 2011 in Imajinasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: