RSS

Mengejar Maling (Part 1)

19 Aug

by Ahmad ‘Bee’ Burhan on Tuesday, August 9, 2011 at 5:53am

Kejadian itu berlangsung cepat. Sabtu 30 Juli 2011, usai mengantar saudara ipar wisuda, kami sekeluarga jalan2 ke Malioboro; destinasi wisata “wajib” di kota Jogja. Karena lebih ke mengantar, aku sendiri memang gak berniat beli apa2. Jadi ketika yang lain tengah memilih2 pernak-pernik aku berdiri di depan toko di antara sesak pengunjung sambil mengamati keadaan (baca: cuci mata :p).

Sedikit flashback, 12 hari yang lalu adikku terkena musibah. Laptopnya dicuri orang ketika dititipkan di tempat penitipan barang di sebuah kampus terkemuka di Jogja. Kami segera melaporkannya ke polsek terdekat dan masuk ke kategori laporan kriminal karena “beruntungnya” kejadian itu terekam oleh CCTV. Berhari2 belum ada kabar dari kepolisian, padahal bukti sudah cukup jelas, bahkan wajah pelaku sudah dapat dikenali. Kabar mengejutkan bahkan datang dari petugas perpus yang katanya pernah melihat pelaku masih terlihat di kawasan kampus. Aku jadi tambah gemes, pengen rasanya aku cari sendiri.

Kembali ke Malioboro. Rencananya besok Minggunya aku juga mau pulang kampung karena Senin sudah mulai puasa dan di Jogja memang sudah tidak ada kegiatan lagi.
Karena hari itu cukup panas dan melelahkan, kepalaku agak pusing. Bahkan waktu makan siang aku sempat minum obat sakit kepala.

Semua penat dan pusing itu kutahan hingga tiba2 di tengah2 hiruk pikuk para pengunjung Malioboro kulihat sosok pria yang tampak tidak asing. Sosok pria yang selama 12 hari ke belakang selalu terbayang di kepalaku. Potongan rambutnya sama, tas yg dipakai sama, bahkan bajunya pun sama. Deg! Dia pelakunya! Aku segera berbisik ke kakakku (yg semalam sebelumnya baru aku ceritain kejadian ini). Aku sempat bingung, apa yg harus aku lakukan. Teriak? Terlalu beresiko. Nanti keluarga khawatir. Negur? Ntar dikira sok kenal.

Tak berapa lama aku putuskan: ini adalah kesempatan (pertama dan terakhir) yg diberikan oleh Allah sebelum aku pulang. Ini adalah yg aku inginkan selama 12 hari ini. Ini adalah jawabannya. Kuputuskan untuk kukuntit orang itu.

(to be continued….)

 
Leave a comment

Posted by on August 19, 2011 in Lifestyle, Renungan

 

Leave a Reply

 
